Banner

Tutorial Install Os Gmac Linux Ubuntu ( Os linux dengan tampilan Mac )




Sebelumnya sobat sudah mendownload Os Gmac berupa file ISO di sourceforge.net/projects/gmaclinux/files dan lalu buatlah Bootable file ISO Os Gmac tersebut dengan Flashdisk atau DVD, sobat bisa menggunakan software UNetBootin atau software bootable linux lainnya.

Nah, kalau Flashdisk/DVD sudah siap, sobat restart PC/Laptopnya. Jangan lupa flashdisk/DVD sudah tertancap, dan lalu setting boot-nya.




Jika sudah berhasil masuk, maka akan tampak tampilan seperti gambar dibawah ini, lalu pilih bahasa yang akan sobat gunakan selama menginstall.

1. Pilih Bahasa.


2. Sobat bisa menghubungkan ke Internet, dimaksudkan agar bisa mengunduh komponen yang diperlukan oleh Linux, lisensi dan dokumentasi lainnya. tapi kala itu saya pilih untuk menyambungkannya nanti setelah instalasi.


3. Tampilan yang memberitahukan apakah instalasi sudah terhubung dengan Charger dan internet. Pilih lanjutkan saja.


4. Berikut adalah tampilan ketika saya memilih untuk dual OS, "Something else/Sesuatu yang lain".


5. Inilah bagian yang sangat dilematik, jika sobat sudah membagi partisi bagian Hardisk sebelumnya dan sobat sudah harus tahu dimana Instalasi Os lain dan mana nantinya Hardisk kosong yang akan dipakai untuk instalasi Gmac Linux.


6. Saya sarankan sobat sudah menyediakan kapasitas kosong untuk keperluan install os Gmac, lalu pilih simbol plus “+” untuk mengolahnya menjadi beberapa partisi.



 7. Tambahkan 2 gb atau lebih, sebagai SWAP karena sangat direkomendasikan untuk membantu kebutuhan RAM. Konfigurasinya bisa mengikuti contoh dibawah ini, kemudian klik Ok.


8. Setelah berhasil membuat partisi untuk RAM, sobat kembali buat partisi untuk System.



9.  Lalu isi sebagai direktori sistem pilih folder “root” istilahnya.





10. Jika sudah yakin, bisa pilih "Pasang Sekarang/ Install Now" dan tunggu proses instalasi selesai.

11. Taraaa.... Berikut adalah tampilan setelah selesai menginstall Os Linux Gmac.

 


Jika agan adalah Programmer Android yang menggunakan IDE Android Studio, Os Linux adalah alternatif yang cukup baik agar Program tidak terlalu berat saat dijalankan.

Berikut saya capture tampilan Resource Memory perbandingan antara penggunaan Android Studio di Windows 7 dengan di Linux Ubuntu Os Gmac.

- Screenshoot Resource Memory di Windows 7 pada saat menjalankan Android Studio.
 


 - Sedangkan di Ubuntu Os Gmac saat menjalankan Android Studio.





 
Sekian tutorial ini saya buat dengan singkat.

Perhatian: kalau sobat mau copy paste artikel Tutorial ini, silahkan sertakan Sumber/link Blog saya yah, terimakasih. (^_^).

0 Response to "Tutorial Install Os Gmac Linux Ubuntu ( Os linux dengan tampilan Mac )"

Site Links